18 Agustus 2009

Pengaturan Ringtone Black Berry

PENGATURAN RING TONE


Mengakses Menu Ring Tone

ring tone merupakan bagian dari ponsel dalam bentuk audio yang berfungsi untuk memberi tanda ketika ada panggilan atau pesan masuk. Biasanya ringtone pada setiap ponsel memiliki karatereistik sendiri.Berkenan dengan hal tersebut, penempatan ring tone pada setiap ponsel juga berbeda, demkikian pula pada BlackBerry.

menu ringtone pada ponsel ini tidak ditempatkan pada aplikasi atau fitur tersendiri, tetapi dijadikan satu dalam menu media. untuk bisa meakses menu ring tone, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Mulailah dengan menekan tombol Menu
2. Setelah muncul deretan ikon menu, pilih menu Media



3. Untuk membuka menu tersebut, klik tombol Trackball.
4. Sesaat kemudian anda langsung dihadapkan pada deretan ikon dalam menu Media, pilih ikon Ring Tone yang direpresentasikan dengan gambar not balok.

Memilih Ring tone

Ring Tone umumnya telah tersedia di dalam ponsel, namun ada beberapa ponsel yang menyediakan layanan atau fitur khusus. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menambah ring tone pribadi berupa lagu-lagu favorit berformat MP3 yang bisa di-download dengan mudah. Berikut dapat disajikan paduan untuk memilih sebuah ring tone.

1. Pastikan Anda telah masuk ke menu Ring tone.
2. Selanjutnya klik tombol Trackball
3. Dalam hitungan detik anda akan melihat tiga opsi di halaman Ring Tone, yaitu:
~ All ring tones ~ My Ring Tones ~ Preloaded Ring Tones
tapi, itu kalo dipake bahasa inggris, kalo bahasa indonesia cari aja artinya. oke!!

jika Anda ingin memilih ringtone yang telah disediakan oleh Black Berry, maka pilihlah All Ring Tones.



4. Tekan tombol Trackball untuk membuka opsi tersebut.
5. Sesaat kemudian langsung muncul deretasn ring tone koleksi Black Berry seperti tampak pada ilustrasi berikut.



Untuk mencari ring tone yang diinginkan dengan cepat, Anda bisa menggunakan fasilitas Find yang terdapat di bagian atas deretan ring tone. Caranya dengan mengetikkan huruf awal dari nama ring tone yang diinginkan, misalnya ketikkan huruf "T", maka ring tone dengan awalan huruf yang dicari langsung muncul seperti berikut.


Memainkan Ring Tone

Berbeda dengan ponsel ponsel seri lama, ring tone pada BlackBerry dapat dimainkan dengan lebih mudah dan praktis. Dalam hal memainkan ring tone , BlackBerry menyajikan player sehingga Anda dapat memainkan ring tone mulai dari urutan pertama hingga terakhir hanya dengan sekali klik. untuk lebih jelasnya, langsung saja simak langkah-langkah berikut:

1. Sebagai langkah awal, pastikan anda telah membuka halaman Ring Tones yang menampilkan deretan ringtone.
2. Posisikan highlight pada ring tone di urutan pertama
3. Kalau sudah tekanlah tombol Menu lalu pilih opsi mainkan, atau Anda dapat langsung menekan tombol Trackball.



4. Secara otomatis muncul player yang langsung memainkan ring tone di urutan pertama.



5. Untuk beralih ke ring tone selanjutnya, posisikan highlight pada ikon Next lalu tekan tombol Trackball.
6. Jika Anda ingin kembali ke ring tone sebelumnya, letakkan highlight pada ikon Previous kemudian klik tombol Trackball.
7. Sementara apabila Anda ingin mematikan ring tone yang sedang dimainkan, pilihlah ikon Stop dengan terlebih dahulu menempatkan highlight pada ikon tersebut.
8. Setelah anda selesai memaikan seluruh atau sebagian ring tone yang tersedia, tekan tombol Menu lalu pilih opsi Tutup untuk keluar.



9. Selanjutnya Anda akan dibawa kembali ke deretan atau playlist ring tone. Tekan tombol Escape beberapa kali hingga kembali ke Home Screen.

Memilih Sebuah Ring Tone Sebagai Nada Dering

Ring tone digunakan untuk menandai adanya panggilan atau pesan masuk melalui suara musik atau lagu. Dari banyaknya ring tone yang tersedia, Anda bisa memilih salah satu untuk dijadikan sebagai nada dering. Berikut ini disajikann langkah-langkah untuk memilih ring tone sebagai nada dering:

1. Pastikan Anda telah masuk ke halaman Ring Tones yang menampilkan playlist ring tone.



2. jika anda belum hafal dengan nama ring tone yang akan dipilih sebagai nada dering, sebaiknya Anda memainkan ring tone terlebih dahulu.
3. Setelah anda menemukan ring otne yang diinginkan, tekanlah tombol Menu kemudian piluh opsi Jadikan Nada Dering/Set as Ring Tone.



4. Jika muncul peringatan yang mengkonfirmasi pemilihan ring tone tersebut sebagai nada dering, langsung tekan tombol Trackball



5. Untuk kembali ke Home Screen, tekanlah tombol Escape beberapa kali atau tombol End.
Untuk foto-foto diatas sorry ya? soalnya agak buram. Kan saya bukan
Fotografer
SELESAI

5 komentar:

  1. bagus juga tuh....
    tapi muka lu ngalingin pemandangan blackberry nya
    ha....ha....ha....
    tapi kunjungi blog gw juga ya

    BalasHapus
  2. lho, ini siapa yang memotretnya? Kamu kan lagi pegang HP nya..hehe

    BalasHapus
  3. ranggi blog u bgus ..

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentar yang anda berikan, jangan lupa juga chat di shoutmix dan komentar di tulisan lain. Salam Sahabat